Rabu, 30 Mei 2012

Guru yang Pernah Mengarang Buku

MIN Blang Mane 2, Lhokseumawe
Selasa, 27 Maret 2012 09:37 WIB
SAIFUl Anwar Guru MIN BLang Mane 2 Batuphat Timur Lhokseumawe yang berdedikasi tinggi.

Berita 

BANYAK pengalaman yang didapat Saiful Anwar selama mengajar. Tahun 1996, Saiful menjadi guru bakti murni di SD Pinus PT Kertas Kraft Aceh (KKA), Aceh Utara. Lalu, tahun 2000 ia diangkat menjadi guru Honorer daerah (Honda). Setelah menjadi guru PNS tahun 2005, Saiful menjadi guru tetap di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Blang Mane 2 di Desa Batuphat Timur, Lhokseumawe.
Saat itu, Saiful menulis buku cepat pandai membaca. Tujuannya, untuk memberi kemudahahan bagi guru dalam menilai kecepatan murid membaca dan  mempermudah murid agar bisa cepat membaca. “Karena target saya waktu  itu, saat kelas tiga murid harus mampu membaca dengan sempurna,” katanya.

Saiful benar-benar menekuni profesinya sebagai guru. Kendati sibuk menjalankan tugas sebagai guru dan wakil kepala di MIN Blang Mane 2, tapi ia masih menyempatkan diri menjadi guru mengaji di masjid Kompleks PT Arun sejak tahun 2003. “Sejak SD saya memang suka mengajar. Bahkan ketika kelas enam, guru mempercayakan saya untuk mengajar, jika guru saya itu berhalangan,” kata pria kelahiran Pangkalan Brandan, Sumatera Utara ini.
Di MIN Blang Mane, Saiful juga masih dipercayakan sebagai guru untuk pengembangan murid dan ketua seksi keagamaan. Atas pengabdiannya selama ini, Kantor kementerian Agama Lhokseumawe memberikan penghargaan sebagai guru berdedikasi tinggi di tahun 2010. Setiap bulan Ramadhan, ia juga selalu dipercayakan sebagai instruktur pesantren kilat dan pernah menjadi dewan juri Pidato dai kecil (Pidacil).
Tiap pelatihan dan seminar di Lhokseumawe dan di luar Aceh, Saiful juga sering dipercayakan mewakili sekolahnya. “Saya sekarang sedang mendalami terjemahan baca Quran, berbekal dari pelatihan yang saya diikuti di Surabaya dan tempat lain, dan menyelesaikan pendidikan saya,” katanya. * jafaruddin

Editor : bakri

0 komentar:

Posting Komentar